Rabu, 02 November 2016

Pramuka - Smaphore


SMAPHORE
A.     Pengertian Smaphore
Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung,batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semafor. Pengiriman sandi melalui bendera semafor ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, di mana letak warna merah selalu berada dekat tangkaibendera. Pada awal abad ke 19, semafor digunakan dalam komunikasi kelautan.

B.     Sejarah Singkat Smaphore
Penggunaan semaphore dengan lebih praktis dan lebih baik sendiri adalah dengan mengombinasikannya dengan telegraf optik. Seorang berkebangsaan Perancis yang bernama Claude Chappe adalah orang yang memperkenalkan penggunaan sistem praktis penggunaan semaphore pada tahun 1791. Claude Chappe lahir pada tanggal 25 Desember 1763. Chappe merupakan orang yang menemukan sistem telekomunikasi praktispertama pada zaman industri di Perancis.
Semaphore ini berhubungan erat dengan telegraf optik. Telegraf optik ditemukan pertama kali untuk bisa mengirimkan pesan dan berita pada zaman perang yangmemang sangat lama untuk sampai jika menggunakan pasukan berkuda untuk menyampaikannya. Sebelum penemuan telegraf optik, prinsip dari teknologi tersebut sudah pernah digunakan dan jugadikembangkan oleh bangsa Yunani, Romawi kuno, dan juga bangsa Kartagao. Caranya adalah dengan menggunakan obor yang diletakkan di atas benteng kemudian mengombinasikan beberapa dari api obor tersebut untuk mengirimkan huruf yang menjadi pesan.
Telegraf optik kembali ditemukan oleh Claude Chappe dan disempurnakan olehnya. Penemuan dari telegraf optik ini menjadi sebuah revolusi di Perancis dan juga menyebar ke negara lainnya. Pesan yang disampaikan dengan menggunakan telegraf optik ini tentunya adalah pesan yang dibuat dengan menggunakan sandi semaphore.

C.      Ketentuan Dasar Mengirim atau Menerima Isyarat Semaphore
Isyarat semaphor diberikan secara berpasangan, artinya terdiri atas dua pihak di mana satu pihak sebagai pengirim dan pihak lainnya sebagai penerima. Dalam menyampaikan dan menerima isyarat semaphore terdapat beberapa ketentuan yang antara lain:
1.      Pengirim dan penerima isyarat semaphore saling berhadapan dan memakai bendera semaphore.2
2.      Sikap tubuh tegak dengan kedua kaki agak terbuka. Posisi bendera disilangkandi bawah tubuh (posisi siap / tutup).
3.      Untuk memulai pengiriman, pengirim memberikan isyarat "Tanda Perhatian" berupa huruf "R - Tutup" atau "U - R" secara berulang-ulang.
4.      Jika penerima telah siap, penerima mengirimkan huruf "K" sedangkan jika belum siap penerima mengirim huruf "Q".
5.      Setelah penerima siap, pengirim mulai mengirimkan berita (pesan) huruf perhuruf. Setiap satu kata ditutup dengan "posisi tutup".
6.      Apabila penerima dapat menerima (membaca) pesan perkata, penerima mengirimkan isyarat huruf "C". Sedangkan jika tidak paham (tidak dapat menerima dengan baik), pengirim mengirimkan isyarat huruf "I-M-I". Pengirim mengulangi mengirimkan kata terakhir yang tidak dipahami penerima.
7.      Apabila pengirim keliru mengirimkan pesan, pengirim mengirimkan isyarat"Tanda Salah" atau mengirimkan huruf "E - Tutup" delapan kali kemudianmengulangi mengirim satu kata terakhir yang keliru.
8.      Jika semua pesan (berita) sudah selesai disampaikan, pengirim mengirimkan huruf "A-R" dan penerima membalasnya dengan huruf "R" jika telah dapat menerima semua pesan.
9.      Untuk mengirimkan angka, terlebih dahulu diawali dengan isyarat "Tanda Angka" (posisi 5-6) kemudian kirimkan angka dengan ketentuan angka 1 = A; 2 =B; 3 = C; 4 = D; 5 = E; 6 = F; 7 = G; 8 = H; 9= I; dan 0 = J. Jika pengiriman angka sudah selesai dan hendak berganti mengirim huruf kirimkan isyarat huruf "J"atau "V".
Beberapa sandi lainnya yang biasa digunakan dalamsemaphoreadalah;
1.      U-R : berita siap dimulai
2.      K : siap menerima berita
3.      E (8 kali) : error / ada kesalahan
4.      I-N-I : ulangi
5.      A-R : berita selesai
6.      R : dapat menerima dengan baik
7.      A-S : tunggu
8.      M-K : geser kanan
9.      M-L : geser kiri





Tidak ada komentar:

Posting Komentar